Pentingnya Pakan Alami Bagi Ikan Gurame

Pentingnya Pakan Alami Bagi Ikan Gurame

Khusus pada budidaya ikan gurame, pakan hijauan tidak boleh dihilangkan. Mengingat gurame merupakan hewan omnivora, pakan tumbuh-tumbuhan juga harus diberikan.
Jenis hijauan yang umum diberikan dan berdampak cukup baik pada pertumbuhan ikan gurame salah satunya daun sente, talas-talasan.

Secara umum penambahan daun sente pada pemeliharaan ikan gurame cenderung dapat meningkatkan bobot biomassa, daya cerna sera menekan jumlah penggunaan paka komersial.

Pada pemeliharaan ikan gurame untuk tahapan ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Pakan yang diberikan terdiri dari dua macam, yaitu pakan buatan dan pakan hijauan. Pakan buatan sebaiknya berupa pakan terapung dengan jumlah sebanyak 2-3%/hari dari total biomassa ikan yang ada dengan pemberian dua kali yaitu di pagi (pukul 07.00) dan sore hari (pukul 17.00).
  • Pakan hijauan yang dapat diberikan berupa daun jenis talas-talasan. Jumlah pemberiannya sekitar 5-10% dari total biomassa ikan dengan dua hari sekali. Pakan diberikan dengan cara disebar merata diatas permukaan kolam.

Pemberian pakan yang berkualitas dan berimbang antara pakan buatan maupun hijauan pada tahapan produksi ikan gurame merupakan satu hal yang sangat penting. Pembesaran ikan gurame secra intensif harus diiringi dengan pemberian pakan hijauan yang rutin sehingga pertambahan bobot (daging ikan) bisa dipicu secara cepat dan optimal.

Proses budidaya ikan gurame yang dilakukan tanpa pemberian pakan hijauan dapat menyebabkan ikan gurame rentan terhadap serangan penyakit karena daya tahan tubuhnya menjadi rentan.

Have your say

Open chat