Beberapa Cara Yang Dapat Meningkatkan Pertumbuhan Ikan Gurame Secara Baik

Beberapa Cara Yang Dapat Meningkatkan Pertumbuhan Ikan Gurame Secara Baik

Cara yang tepat untuk meningkatakan Pertumbuhan Ikan Gurame dengan Baik:

– Gunakan Induk dari Varietas Unggul
Ada beberapa faktor yang dibutuhkan oleh para pembudidaya agar ikan gurame yang dipeliharanya dapat tumbuh dengan cepat. Salah satunya adalah dengan pemilihan Induk yang digunakan agar benih yang dihasilkan dapat tumbuh lebih cepat. Perbandingannya antara jantan dan betina yang dipijahkan yaitu 1:3

– Pengelolaan Pakan
Faktor untuk mempercepat pertumbuhan ikan gurame selanjutnya adalah dengan penggunaan pakan.
Pemeliharaan ikan yang dapat dilakukan agar pertumbuhannya relatif lebih cepat adalah dengan pemberian pakan tambahan yang sesuai dengan proporsi pakan alami. Pemberian pakan pada semua tahapan budidaya perlu mendapatkan perhatian khusus, karna pakan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan usaha.
Jenis pelet yang digunakan adalah pelet apung dengan kandungan protein sekitar 23-25%. Jumlah pakan yang diberikan setiap harinya sebanyak 2-3% dari bobot tubuh ikan dan dipadukan dengan pemberian pakan alami sebagai kebutuhan pertumbuhan ikan gurame.

– Pengelolaan Lingkungan Budidaya
Faktor lain yang dapat memacu pertumbuhan ikan gurame adalah dengan penyediaan lingkungan yang sesuai. Perbaikan lingkungan untuk pemeliharaan yang mempengaruhi kualitas air perlu dilakukan sehingga air yang akan digunakan layak untuk pertumbuhan ikan gurame nantinya.
Dari sekian jumlah parameter kualitas air, ikan gurame sangat sensitif terhadap parameter suhu dan amoniak. karena ketersediaan air dengan suhu yang stabil sangatlah dibutuhkan oleh ikan gurame untuk dapat tumbuh dan bertahan dengan baik.

Air Dengan suhu stabil dapat dilakukan dengan menggunakan “Air Hujan” sebagai medianya “Air Hijau” yang dibuat dengan cara melakukan pemupukan dengan pupuk organik. Air yang telah hijau bisanya didapatkan setelah 5-7 hari pasca pemupukan, Lalu air tersebut kemudian dialirkan ke kolam pemeliharaan ikan gurame.

Kadar amoniak dari air yang digunakan sebagai media pemeliharaan dapat dikurangi dengan menggunakan filter sederhana. Salah satunya dengan tanaman air dalam sistem akuaponik dapat menurunkan kandungan amoniak hingga mencapai 60%. Filter ini akan lebih aman jika penggunaannya dipadukan dengan penambahan batu zeolit dan batu karang sehingga dapat menyerap kandungan amoniak lebih banyak lagi.

– Penggunaan Probiotik
Faktor lain yang dapat mempercepat pertumbuhan ikan gurame adalah dengan penggunaan probiotik. Pemberian probiotik dapat membantu menumbuhkan jenis plankton yang sangat menguntungkan sehingga dapat dimanfaatkan oleh benih ikan gurame.

 

Have your say

Open chat