Faktor Penting Dalam Teknik Penebaran Benih Ikan Lele

Faktor Penting Dalam Teknik Penebaran Benih Ikan Lele

Cara yang harus dilakukan dalam penebaran benih ikan lele  adalah kesesuaian lingkungan, pengamatan benih, perhitungan benih dan penjadualan. Penyesuaian lingkungan pada penebaran benih merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan hasil produksi yang baik dalam budidaya ikan lele, mengingat bahwa benih sangat sensitif dan mudah mengalami kematian. Apabila tidak dilakukan dengan baik saat penebaran, benih akan menyebabkan kematian sehingga padat tebar akan berkurang yang tentunya akan mengurangi pula produksi ikan leleyang dihasilkan pada saat panen.

– Padat Tebar

Setiap pembudidaya memiliki kemampuan teknis yang berbeda-beda sehingga dalam melaksanakan budidaya pun padat tebar yang diterapkan disesuaikan dengan kemampuan teknologi budidaya.

Ukuran benih optimal untuk pemeliharaan ikan lele padat tebar tinggi sebaiknya berukuran 5-7 cm. Pada ukuran ini, benih memiliki pertumbuhan yang sangat cepat, tahan penyakit dan tingkat kelangsungan hidup yang lebih tinggi dari pada benih yang lebih kecil.

– Waktu Tebar

Waktu penebaran benih harus diperhatikan karena sangat erat hubungannya dengan perubahan suhu yang terjadi terutama dalam kolam atau air media yang akan menjadi tempat tumbuh ikan yang akan kita pelihara. Waktu penebaran ang disarankan adalah pada waktu pagi hari dan sore hari, dengan demikian suhu suudah rendah agar memberikan rasa ketenangan pada ikan yang kita pelihara.

Have your say