Prinsip Teknologi Bioflok

Prinsip Teknologi Bioflok

Teknologi Bioflok merupakan sistem budidaya ikan intensif yang memanfaatkan prinsip daur ulang nutrien pakan yang terbuang baik dari sisa pakan, feses maupun produk metabolisme oleh bakteri heterotrof.

Pertumbuhan bakteri heterotrof yang mengkonversi limbah yang terakumulasi dalam sistem budidaya distimulasi dengan penambahan sumber karbon organik dengan rasio C/N tertentu.

Bakteri heterofik ini selanjutnya dapat membentuk agregat dan bersama dengan berbagai mikroorganisme lainnya membentuk apa yang disebut bioflok yang selanjutnya dapat dimanfaatkan kembali secara in situ oleh organisme yang dibudidayakan atau dipanen dan diproses sebagai bahan baku pakan. Dengan demikian aplikasi teknologi ini maka konsentrasi limbah nutrien yang dapat toksik bagi hewan budidaya dapat dipertahankan tetap rendah sehingga pergantian air tidak perlu atau hanya sedikit saja, resiko penyebaran penyakit melalui air baru yang lebih rendah, efisiensi nutrien pakan yang lebih tinggi karena adanya daur ulang, serta teknologi yang relatif sederhana.

Have your say