TEKNOLOGI PEMBENIHAN IKAN GURAME SECARA EFISIEN

TEKNOLOGI PEMBENIHAN IKAN GURAME SECARA EFISIEN

TEKNOLOGI PEMBENIHAN IKAN GURAME SECARA EFISIEN

Kegiatan awal dari suatu kegiatan Budidaya Ikan adalah proses pembenihan untuk memperoleh telur yang akan menetas menjadi larva.

Sebelum melakukan kegiatan pemeliharaan gurame, terutama untuk skala produksi, sebaiknya perlu diketahui dahulu hal-hal yang sangat berkaitan dengan habitat dari gurame. Gurame merupakan ikan yang hidup di daratan rendah dan dapat tumbuh sangat optimal pada ketinggian < 300 m dpl. Habitat alaminya berupa sungai, danau, dan rawa. Syarat-syarat kualitas air yang cocok untuk pertumbuhannya adalah kondisi suhu sekitar 27 – 30 C, pH 7 – 8 sekitar 4-5 ppm.

Gurame lebih menyukai perairan yang sangat tenang dengan kolam tanah sebagai habitatnya. Akan lebih baik lagi jika dasar kolamnya tidak terlau berlumpur. Namun, jenis ikan ini peka terhadap cahaya terutama pada malam hari. Jadi, diusahakan untuk meminimalisir adanya cahaya pada malam hari.

Perubahan kualitas air juga sangat mempengaruhi laju pertumbuhan ikan gurame, apalagi jika kondisi suhu berubah maka akan rawan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada ikan gurame.

Disamping itu, perlu juga diketahui varietas-varietas yang sangat umum digunakan oleh para pembudidaya dalam kegiatan usaha budidaya ikan gurame, antara lain sebagai berikut :

– Blusafir ; Ciri-cirinya warna agak keunguan, bentuk tubuh lebih kecil/pendek.

– Angsa/Paris ; Ciri-cirinya warna agak cerah, bentuk tubuh memanjang.

– Bastar ; Ciri-cirinya warna cerah keputihan, bentuk tubuh agak lebar/tinggi.

– Batu ; Ciri-cirinya warna kehitaman, bentuk tubuh lebih kecil/pendek.

Pada umumnya, para pembudidaya hanya menggunakan tiga varietas teratas. Hal itu karena ikan gurame varietas batu dianggap sangat lambat untuk pertumbuhannya.

 

1 comment

  1. sumitra - July 27, 2017 11:56 am

    boleh saya berkunjung dan belajar budidaya gurame?
    makasih

    Reply

Have your say